Cara Bisnis Properti Bagi Pemula Tanpa Modal

By 04.37


Cara bisnis properti bagi pemula tanpa modal menjadi pertanyaan banyak orang sekarang. Bisnis properti seperti jual beli tanah, rumah, apartemen yang memberikan peluang yang sangat lebar dengan keuntungan besar, menjadi incaran. Pemerintah pun memberikan cukup banyak fasilitas di bidang bisnis properti ini. Contohnya seperti mengeluarkan kebijakan pemerintah perihal peruntukan kredit yang mudah dijangkau masyarakat hingga memberikan subsidi perumahan yang dikhususkan pada masyarakat menengah bawah.  Bila kamu tertarik juga terjun pada bisnis properti namun ragu karena merasa belum punya pengalaman, jangan ragu. Kami akan memberikan informasi dan tips lengkap perihal bisnis properti bagi pemula tanpa modal besar.

Memulai Bisnis dengan Kerjasama Bagi Hasil
Cara bisnis properti bagi pemula paling dasar dan harus dijalankan adalah memperluas kenalan dan mencari peluang kerjasama bersama. Cara bisnis properti tanpa modal yang bisa dilakukan pemula adalah dengan bekerjasama bersama pemilik lahan. Menemukan pemilik tanah/ rumah/ apartemen/ ruko yang bisa diajak kerjasama memang susah-susah gampang. Oleh sebab itu, sebagai pemula harus memiliki sikap yang baik dan bisa dipercaya. Sehingga pemilik properti tertarik dan mau mempercayakan miliknya kepada kamu untuk dijual atau disewakan atau diberikan nilai tambah menjadi perumahan. Buat perjanjian untuk menambah nilai guna lahan tersebut dengan sistem bagi hasil. Jadi kamu tidak mengeluarkan modal terlebih dahulu. Apabila kamu ingin membangun rumah kavling maka carilah dan survei lahan lebar untuk dijadikan perumahan. kamu bisa berbicara dengan pemilik lahan luas yang memang hendak dijual. Buatlah negosiasi harga yang sesuai agar pemilik lahan tidak merasa dirugikan. Dengan lahan luas yang sudah kamu miliki, maka lahan tersebut siap dibagi per kavling. Lahan perkavling tersbut bisa kamu bagi dua. Dijual per kavling atau dijual beserta rumah kavlingan. Untuk membangun rumah kavlingan, maka kamu perlu bekerjasama dengan arsitek yang memahami desain bangunan di atas lahan tersebut.

Jika lahan dan desain rumah sudah kamu miliki maka bekerjasama-lah dengan kontraktor atau investor untuk membangun rumah di atas lahan tersebut.  Selanjutnya kamu perlu menemukan pembeli untuk rumah yang sedang dibangun. kamu bisa melakukan pameran dan promosi dari mall ke mall. Setelah mendapatkan pembeli, selanjutnya adalah berbagi keuntungan dengan adil pada semua pihak mulai dari pemilik tanah, arsitek pendesain rumah, kontraktor. Termasuk kamu sebagai pemilik ide juga mendapat penghasilan yang sesuai dengan tanggung jawab dan kerjakeras kamu.

Cara bisnis properti bagi pemula yang mudah dan tanpa modal besar berikutnya adalah dengan menjadi seorang broker atau perantara. Cara ini menjadi favorit banyak orang karena tidak terlalu besar modal dan resikonya. Yang terpenting adalah kejelian melihat peluang dan ilmu komunikasi yang baik dengan pemilik properti dan pembeli.

Pertama-tama tentunya kamu harus menemukan properti rumah/ tanah/ apartemen yang hendak dibeli atau disewakan. Ini membutuhkan ketelatenan kamu untuk berkeliling sekitar kompleks perumahan kamu dan bertanya pada rekan dan keluarga kamu.

Setelah menemukan rumah/ tanah/ ruko/ apartemen yang sedang dijual atau disewakan, kamu bisa mendekati pemilik properti yang bersangkutan dan menawarkan jasa kamu sebagai untuk membantu menemukan calon pembeli potensial untuk properti tersebut. Sebagai seorang perantara kamu harus memiliki sikap baik, jujur dan pandai berkomunikasi.

Setelah pemilik properti setuju menggunakan jasa kamu dan akan memberikan komisi dari deal properti yang dijual, maka kamu tinggal bertanya spesifikasi dan kelebihan properti tersebut. Informasi ini akan diperlukan saat kamu menemui calon pembeli potensial. Tanyakan harga jual yang diminta pemilik properti dan kamu bisa memberikan saran mengenai harga jual yang pas apabila kamu memang sudah memahami pasaran harga properti di tempat tersebut.

Selanjutnya kamu tinggal mencari calon pembeli potensial. Berikan informasi mengenai properti yang sedang dijual dengan sebenar-benarnya. Sehingga calon pembeli percaya pada kamu. bila lain waktu butuh, kamu lagi yang akan dihubungi untuk mencari properti lain.  Komisi yang didapat seorang perantara memang tergantung dari nilai deal properti. Seorang perantara biasanya mendapat komisi sekitar 2 juta hingga sepuluh juta lebih tergantung dari nilai jual properti yang dijual.

Memulai Bisnis dengan Membuka Website
Cara bisnis properti yang selanjutnya adalah dengan membuat website properti yang berisi berita dan informasi penting yang dibutuhkan oleh pencari. Memulai bisnis melalui website terlihat sepele namun kamu perlu mengetahui lika-likunya agar tepat sasaran.  Pertama-tama rancang website khusus properti. kamu bisa membuat sendiri desain websitenya atau meminta orang yang benar-benar ahli dibidangnya. Buat website yang sederhana namun informatif dan bermanfaat bagi pengunjung website kamu. buat website yang komunikatif dengan menambahkan kontak person atau kolom chat khusus apabila pengunjung website ingin bertanya langsung dengan kamu. semakin cepat respon kamu maka pengunjung semakin berkesan terhadap website yang kamu kelola dengan profesional. Daftarkan website kamu menggunakan domain berbayar agar lebih profesional dan bisa dipercaya.


Itulah beberapa cara dan panduan serta tips yang bisa kamu terapkan untuk bisnis properti. Umumnya hal – hal diatas mampu memberikan keuntungan yang cukup bagi para pemula yang baru mengawali bisnis property.

You Might Also Like

0 komentar