Begini Cara Dekorasi Apartemen untuk Pria Lajang

By 14.09


Gaya hidup urban yang sibuk menuntut kaum muda untuk hidup dengan cara yang lebih praktis. Tak heran, pilihan untuk tinggal di apartemen baru di Cibubur belakangan ini cukup diminati, terutama bagi kaum wanita maupun pria yang masih lajang. Ukurannya yang tak terlalu besar, kompak, dengan lokasi yang tak jauh dari kota menjadi alasan wanita maupun pria muda tinggal di apartemen. Dekorasi apartemen untuk pria yang hidup sendiri biasanya cenderung simple dan elegan  guna menonjolkan kesan maskulin tanpa banyak aksesoris atau hiasan yang melengkapinya. Selain itu, apartemen yang simple tanpa banyak barang akan memudahkan mereka dalam merawat dan membersihkannya, terlebih tanpa adanya pasangan. Namun, ada kalanya penataan ruang apartemen pria yang terlalu simple mengakibatkan tampilannya jadi sedikit monoton. Dengan sedikit kreatifitas dan panduan tips di bawah ini, desain interior apartemen untuk pria tak akan terkesan monoton lagi.

Dinding
Pilih dinding apartemen pria dengan warna warna dasar yang cukup terang. Gabungkan warna – warna tapi tidak menimbulkan kesan kontras yang mencolok dan norak. Misal, pilih kombinasi warna taupe, putih atau kuning gading, dengan hitam, jadi bukan sepenuhnya warna hitam atau gelap. Kebanyakan pria beranggapan bahwa dengan mengecat dindingnya menggunakan warna gelap, hal ini akan semakin memperkuat kesan maskulin pada apartemen pria. Padahal, pemilihan warna dinding yang gelap terlalu beresiko dan menyebabkan nuansa ruangan dalam apartemen pria menjadi gelap, ditambah dengan ukuran apartemen yang tidak sebegitu luas.

Furnitur
Furnitur yang wajib ada pada apartemen pria adalah sebuah sofa besar yang nyaman dan empuk dengan cushion yang tebal, yang juga bisa dimanfaatkan untuk berbaring sembari menonton TV. Tapi jika Kamu menginginkan nuansa apartemen pria yang berkelas, sofa berbahan kulit asli lebih tepat untuk dihadirkan. Untuk meja, setidaknya ada dua meja yang harus ada pada apartemen pria. Yang pertama adalah meja tamu, kemudian meja makan. Tambahkan taplak meja kecil, namun jangan sampai menutupi seluruh permukaan meja. Kamu bisa tambahkan lilin aromaterapi, atau vas bunga di tengah meja sebagai hiasan.

Peralatan elektronik
Pastikan Kamu memilih peralatan elektronik dengan tampilan dasar yang ramping, sleek, minimalis, dan tidak memakan banyak tempat. Peralatan elektronik yang bentuknya cukup besar, misal TV tabung, perangkat video game yang lama, atau sound system yang terlalu lebar, sebaiknya tidak digunakan kembali. Namun jika masih sayang untuk disingkirkan, sebaiknya simpan dalam lemari penyimpanan.  Lalu, jika Kamu tergolong penggemar film, jangan lupa sediakan rak khusus untuk menyimpan koleksi DVD Kamu. Jadikan koleksi DVD ini sebagai salah satu dekorasi atau aksesoris ruangan di apartemen pria, karena dengan adanya koleksi DVD yang bertumpuk, tamu akan mengetahui bahwa Kamu memiliki selera dan minat tinggi pada film.

Kamar tidur
Kamar tidur menjadi salah satu bagian yang vital pada apartemen baru di Cibubur. Untuk melengkapi kamar tidur tersebut, pilih sebuah tempat tidur dengan headboard berbentuk persegi. Mengapa persegi? Persegi memiliki sisi yang tegas dan dinamis, cocok untuk mempertegas jiwa maskulin pria. Lalu, pilih tempat tidur dengan nuansa gelap dan tegas, misalnya frame yang tebal dan berbahan kayu yang solid. Tambahkan meja sisi untuk meletakkan lampu tidur, jam meja, hand phone, dan letakkan dresser dan sebuah bangku tak jauh dari sisinya. Pastikan bahwa warna dan desain serta style tempat tidur, meja sisi, dresser dan bangku semuanya serupa atau saling berkomplemen satu sama lain, dan tidak saling bertabrakan. Sama seperti furnitur di ruangan lain, untuk furnitur di kamar tidur apartemen pria, sebaiknya pilih yang tidak banyak detail maupun ornamen, dengan garis yang juga tegas agar kamar tidur tidak terlihat “penuh”.

Gorden warna putih
Untuk menghiasi jendela apartemen pria, cukup gunakan gorden dengan warna putih yang elegan dan tebal. Gorden dari bahan katun yang tebal lebih pas untuk mempertegas kesan maskulin pada apartemen pria ketimbang memilih gorden dari kain tipis yang berenda, yang lebih identik dengan kesan feminim. Gorden katun juga lebih efektif dalam menghalu sinar matahari yang terlalu menyilaukan, terutama tatkala si pria sedang ingin tidur di siang hari.

Pencahayaan
Tak hanya furnitur dan alat elektronik, pencahayaan pun juga harus memiliki karakter dan style yang sama, yakni sederhana, elegan, tegas, lebih menonjolkan garis ketimbang lengkungan, dan minim ornamen. Untuk overhead light, pastikan nyala lampunya tidak terlalu terang namun cukup hangat dan bersahaja. Dengan intensitas cahaya seperti itu, apartemen pria akan menjadi cukup nyaman dan menenangkan, sehingga baik digunakan untuk istirahat dan relaksasi dari rutinitas sehari – hari.


Itulah beberapa dekorasi yang cocok dan pas untuk apartemen yang dihuni oleh pria lajang. Meskipun sendiri tidak ada alasan untuk membuat rumah menjadi tidak menarik atau biasa saja dan monoton seperti biasanya. Agar kamu tidak kesepian dan bosan di apartemen baru di Cibubur, hal-hal diatas bisa Kamu terapkan.

You Might Also Like

0 komentar