Menjaga Tumbuh dan Kembang Bayi di 1000 Hari Pertama

By 21.14 ,


Tidak seperti orang dewasa, bayi belum dapat hidup secara normal seperti orang pada umumnya. Karena, bayi membutuhkan perhatian khusus agar dapat makan dan menjalani hidup secara normal. Selain itu, bayi yang baru lahir juga perlu dijaga proses tumbuh kembangnya terutama pada 1000 hari pertamanya. Karena fase tersebut tergolong sangat vital untuk masa depannya kelak
.

Menjaga tumbuh dan kembang bayi di 1000 hari pertamanya sangatlah penting untuk dilakukan. Mulai dari sejak bayi berada di kandungan, perkembangan bayi 3 bulan sampai usianya mencapai 2 tahun perlu diawasi secara teliti oleh setiap orang tua. Karena, fase tersebut tergolong sangat vital untuk pertumbuhan dan perkembangan anak lanjutan sehingga setiap orang tua perlu menyadari hal tersebut. Lalu, bagaimana cara menjaga proses tumbuh kembang bayi di 1000 hari pertamanya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Asupan Gizi yang tepat
Salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga proses tumbuh kembang bayi di 1000 hari pertamanya yakni dengan memberikan asupan gizi yang tepat. Asupan gizi perlu diperhatikan secara teliti agar bayi Anda menjalani proses tumbuh kembang yang normal. Anda perlu memberikan asupan gizi yang lengkap dan juga sehat agar proses pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan secara optimal. Selain makanan, asupan susu formula atau ASI juga sangat penting karena memiliki nutrisi yang dapat melengkapi gizi untuk bayi Anda.

Lingkungan yang sehat
Selain asupan gizi untuk sang bayi, lingkungan tempat tinggal juga perlu menjadi perhatian khusus. Karena, lingkungan tempat tinggal yang kotor dapat membuat bayi Anda lebih rentan terserang penyakit. Penyakit tersebut nantinya dapat mengganggu proses tumbuh kembang bayi sehingga berjalan tidak optimal. Jadi, selalu berikan lingkungan terbaik yang sehat untuk menjaga proses tumbuh kembang bayi Anda.

Rangsangan motorik

Tidak hanya lingkungan dan asupan gizinya saja, Anda juga perlu memberikan rangsangan motorik kepada bayi Anda. Pemberian rangsangan motorik dapat menjadi ciri bayi cerdas usia 3 bulan ketika ditanggapi oleh bayi Anda. Sehingga, proses ini tidak boleh dilewatkan karena sangat penting untuk perkembangan kecerdasan bayi Anda.

You Might Also Like

0 komentar